Kisah The Elusive Samurai diawali dengan permainan kabur-kaburan yang dilakukan putra mahkota, Tokiyuki Houjou, yang enggan untuk berlatih memanah di istana kerajaan. Putra mahkota yang begitu santai ini kelak akan memegang tahta kekaisaran dan hidup dengan nyaman… itu rencananya.  

Kisah Singkat The Elusive Samurai


the elusive samurai

Tokiyuki Houjou awalnya hidup dengan nyaman di istana bersama dengan ayahnya yang di masa itu masih jadi raja boneka. Meskipun begitu, Tokiyuki menikmati kehidupannya dengan membuat kewalahan para penjaga dengan selalu kabur saat pelajaran memanah dimulai. 


Masalah dimulai ketika Takauji, panglima di kekasaran, pergi perang untuk melawan pasukan tetangga. Bukannya pergi membasmi musuh, Takauji malah membantai seluruh pasukan kekaisarannya sendiri. Yap, dia melakukan pengkhianatan.


Kekaisaran milik Houjou dengan segera melakukan keputusan edan, dengan membunuh diri sendiri secara bersamaan, lengkap sampai sang raja juga melakukannya. Tokiyuki yang masih kecil seketika limbung dengan kondisi istana yang penuh darah. Di posisi yang serba bingung, Tokiyuki dibimbing oleh pendeta yang bisa melihat masa depan. Pendeta ini membimbing Tokiyuki kecil, putra mahkota dengan kemampuan jago kabur, untuk menantang masa depannya yang serba tidak pasti. 


The Elusive Samurai dengan Scene yang Creepy


the elusive samurai

Salah satu hal yang mencolok dari anime The Elusive Samurai adalah gaya animasinya yang cukup berbeda. Bisa dibilang animasinya cukup bold, dengan garis tegas yang jelas, yang tentu saja menambah kengerian adegan bunuh-bunuhan yang penuh dengan darah.  


Selain itu, banyak sekali penggambaran kiasan yang cukup creepy, misalnya animasi ini melakukan penggambaran ajudan yang punya kemampuan pendengaran super dengan menaruh mata di telinga tokoh itu, seolah-olah ada iblis di telinga tersebut. Yah, intinya sih anime ini emang untuk 16 tahun ke atas. Jadi, jangan ajak anak untuk nonton anime ini bersama, ya. Banyak adegan kekerasan, bunuh diri, scene pengkhianatan, pembunuhan, bahkan pemukulan ke anak kecil, pembakaran, dan darah-darahan yang tiada henti. 


Kisah Masa Depan The Elusive Samurai


the elusive samurai

Sebagai tokoh utama villain, Takauji punya semua kualitas yang memukau, mulai dari kemampuan untuk memikat orang, charming, jago pedang, bisa membunuh musuh dalam waktu singkat, intinya adalah bos terakhir yang sulit untuk dikalahkan. Tokiyuki sudah pasti akan mengalami jatuh bangun yang luar biasa untuk merebut kembali tahta miliknya, atau mungkin malah mati bersama Takauji. Hahaha, mungkin saja kan. 


Tokoh pendeta beserta klannya yang menyembunyikan Tokiyuki cukup menarik sih untuk dikulik lebih dalam lagi. Aku merasa aneh aja ada pihak yang masih mau menolong Tokiyuki yang gak lagi punya power dan kekuasaan. Mungkin, ada utang budi atau mungkin ada kisah lain yang masih tersembunyi. 


Anime ini sendiri sudah ada 6 episode dan berjalan cukup lambat. Rasanya, menanti 1 episode yang cuman berdurasi 20 menit itu terasa sangat berat. Kayanya, aku mau berhenti nonton anime ini sampai episodenya sudah banyak terkumpul.  


Baca juga: Slow Living ala Anime Frieren